Menteri Asman Harapkan Kabupaten Badung Jadi Role Model Mal Pelayanan Publik

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap agar Kabupaten Badung, Provinsi Bali dapat menjadi role model bagi Kabupaten lainnya di Indonesia untuk mendirikan mal pelayanan publik. Hal tersebut disampaikan saat meninjau pusat pemerintahan Kabupaten Badung, Senin (28/08). 

Menurutnya apa yang dilakukan Pemkab Badung dengan mengintegrasikan seluruh layanan daerah dalam satu gedung telah tepat. Hanya saja tinggal memasukan perizinan yang berasal dari pemerintah pusat. 

Jika pelayanan yang diselenggarakan pemerintah pusat seperti keimigrasian, maupun pembayaran pajak kendaraan sudah diintegrasikan, maka akan semakin bagus lagi. "Disini kan sudah bagus ya, semua perizinan ada. Tapi ini kan sifatnya masih daerah saja, saya harap kedepan Pak Bupati dapat memasukan juga perizianan yang berasal dari Pemerintah pusat, seperti imigrasi, paspor dan lainnya. Dengan begitu mal pelayanan publik dapat segera terwujud," ujarnya disela sela tinjauan. 

Menurutnya upaya yang dilakukan Pemkab Badung dalam memasukan IT dalam pelayanan sudah sangat baik. Karena memang saat ini masyarakat sudah hidup dalam zaman yang modern, bukan lagi konvensional. Untuk itu segala urusan yang berhubungan dengan pelayanan harus bersifat memudahkan masyarakat. 

Menteri Asman menilai berbagai kemudahan pelayanan yang diberikan Pemkab Badung jangan sampai mengurangi mutu dari pelayanan itu sendiri, namun harus bertujuan menghilangkan pemikiran masyarakat jika birokrasi berbelit belit. 

Sementara itu Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menyampaikan rasa terimakasih nya kepada Menteri Asman yang bersedia mengunjungi pelayanan yang ada di wilayah nya. Menurutnya kedatangan Menteri Asman yang juga didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa dapat menjadi pemacu para pegawai dalam memperbaiki kualitas pelayanan publik. 

Oleh karena itu dirinya menyampaikan akan berupaya meningkatkan pelayanan publik yang telah ada, dengan memasukan perizinan dari pemerintah pusat. Menurutnya dengan adanya segala perizinan dalam satu tempat, dapat memberi kemudahan masyarakat. "Kita akan terus menjngkatkan kualitas pelayanan kami. Karena memang dengan mengintegrasikan segala bentuk layanan dalam satu bangunan, dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus," ujarnya. (p/ab)